News Update » Kutaraja » News Update

Lagi, Nelayan Boat Tabrak Karang Ditemukan

7 November 2014 - 23:00 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Ratusan nelayan dan warga Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, tadi malam berbondong-bondong menyambut kedatangan Hasbi (35), seorang nelayan Boat KM Balqis yang ditemukan telah meninggal dunia dalam kondisi mengapung di 20 mil Ujong Raja, Pulo Aceh, Aceh Besar, Kamis (6/11) sore. Jenazah warga Cot Girek, Aceh Utara, itu ditemukan oleh nelayan pancing ikan tuna (perahu mesin tempel atau boat tep-tep).

Seperti diberitakan koran ini, sebanyak 14 awak boat KM Balqis dilaporkan tenggelam, setelah boat yang mereka tumpangi menabrak karang di perairan barat Aceh antara Laut Lhokseudu-Ujong Muloh (Aceh Besar serta Aceh Jaya), Sabtu (1/11) dini hari.

Keterangan pemilik KM Balqis, H Irwansyah Ibrahim SE kepada Serambi menyebutkan nelayannya Hasbi, ditemukan sekitar pukul 15.00 WIB. Begitu mendapat informasi penemuan awak boatnya itu, Irwansyah langsung melakukan koordinasi ke berbagai pihak, termasuk para awak boat yang sedang berada di laut. Ia pun mendapati ada KM Laskar Mina Malahayati 033/1207 milik T Hendra Budiansyah yang juga anggota DPRK Banda Aceh sedang berlayar.

“Menggunakan boat milik T Hendra Budiansyah lah jenazah Hasbi dievakuasi dan tiba di sini (TPI Baru Lampulo),” kata Irwansyah.

Ia menjelaskan dari 14 orang awak boat-nya, sebanyak 13 nelayan telah ditemukan dan tiga orang di antaranya meninggal dunia, serta seorang awak boatnya masih dalam pencarian yang biasa disapa Bang Din (50) asal Mereudu, Pidie Jaya. “Tapi, saya sudah coba lacak saudara dan rekan-rekannya yang ada di sana, tapi tidak ada yang tahu,” pungkas Irwansyah.(mir)