News Update » Kutaraja » News Update

Kunjungan Wisatawan ke Aceh Mulai Meningkat

27 November 2014 - 23:01 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Menjelang akhir tahun ini, kunjungan wisatawan ke Aceh dilaporkan mulai mengalami peningkatan, terutama wisatawan dari Malaysia. Puncak kunjungan turis ini diperkirakan akan terjadi pada peringatan 10 tahun bencana tsunami Aceh, 26 Desember 2014.

Pemilik usaha travel di Jalan Moh Hasan, Banda Aceh, Ihsan, mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan ini sudah mulai dirasakan sejak sekarang. Dia sendiri mengaku tengah berada di Sabang untuk memandu wisatawan dari Malaysia.

“Dalam minggu ini sudah terlihat peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung. Namun puncaknya akan terjadi mulai tanggal 25 Desember,” kata Ihsan kepada Serambi, Rabu (26/11).

Menurutnya, daya tarik terbesar kunjungan para turis tersebut adalah momentum peringatan 10 tahun tsunami Aceh. Bahkan kabarnya, beberapa beberapa negara juga akan mengunjungi Aceh untuk memperingati bencana maha dasyat tersebut.

“Mereka pastinya banyak menggunakan jasa travel untuk mengunjungi tempat-tempat sejarah mengenang tsunami. Destinasi lain yang juga paling diminati adalah berkunjung Pulau Sabang,” jelasnya.

Di samping penerbangan tujuan ke Aceh, penerbangan ke luar Aceh, terutama Jakarta, juga cukup padat. Informasi dari Sales and Marketing Manager PT Garuda Indonesia Cabang Banda Aceh, Budi Hariyono, ada beberapa group atau kelompok yang melakukan perjalanan ke Jakarta.

Khusus untuk penerbangan akhir tahun nanti, pihaknya juga telah banyak menerima pesanan (booking) tiket untuk penerbangan ke Aceh. “Akhir tahun nanti ada beberapa event yang akan diselenggarakan yang mengundang banyak tamu luar. Di samping itu juga banyak wisatawan yang datang dalam rangka liburan akhir tahun,” imbuhnya.(avi)