News Update » Aceh Barat » News Update

Masjid dan Rumah Terancam Amblas

16 October 2014 - 14:13 WIB

SERAMBIFM.COM, MEULABOH – Sebuah masjid dan tiga unit rumah warga di sepanjang aliran Krueng Meureubo, kawasan Gampong Puuk, Kecamatan Kaway XIV, Aceh Barat, terancam amblas ke sungai akibat erosi sungai yang semakin parah. Erosi terus mengganas seiring tingginya curah hujan sejak beberapa pekan terakhir

“Erosi Krueng Meureubo sebelumnya telah membuat lima rumah warga amblas ke sungai. Tiga rumah dan satu masjid kini juga terancam, jika tak segera diantisipasi,” kata H Ramli MS, Wakil Ketua Sementara DPRK Aceh Barat, Rabu (15/10).

Berdasarkan laporan warga, tiga rumah yang terancam amblas ke sungai itu, jarak dengan bibir sungai hanya tersisa beberapa meter lagi. Sedangkan bangunan masjid, sebagian pondasinya sudah tergerus air akibat erosi tersebut.

Karena itu, Ramli meminta BPBD Aceh Barat segera melakukan penanganan untuk mengantisipasi mengganasnya erosi Krueng Meureubo itu. “Sehingga diharapkan, tak ada lagi masyarakat yang menjadi korban akibat bencana erosi Krueng Meureubo ini,” kata H Ramli MS.

Pejabat terkait di Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Aceh Barat, Dedek Arisman yang dikonfirmasi kemarin, mengaku belum mendapatkan informasi terkait adanya tiga unit rumah dan sebuah masjid di wilayah ini yang terancam amblas ke sungai akibat erosi.

“Kawasan Gampong Puuk, Kecamatan Kaway XVI ini memang rawan erosi sungai. Baru-baru ini kami sudah lakukan penanganan, dengan cara memasang pohon kelapa di sekitar lokasi terjadinya erosi. Namun terkait hal ini kami akan mengecek kembali,” katanya.(edi)