News Update » Aceh Timur » News Update

Dua Gajah Mati karena Diracun

9 September 2014 - 21:40 WIB

SERAMBINEWS.COM, IDI – Tim Polres Aceh Timur, Senin (8/9) kemarin turun ke Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, untuk mengusut kasus matinya dua ekor gajah jantan di desa itu, Minggu (7/9). Dari hasil identifikasi di lapangan disimpulkan bahwa kedua gajah itu mati karena diracun.

Hal itu disampaikan Kapolres Aceh Timur AKBP Muhajir SIK MH menjawab Serambi, Senin (8/9) tadi malam. Kapolres mengatakan, setelah dilakukan identifikasi secara detail, akhirnya diketahui bahwa kematian kedua gajah itu dikarenakan racun. Jadi, bukan ditembak seperti yang diberitakan sebelumnya.

Menurut Kapolres, karena mati di lahan perkebunan PT Dwikencana Semesta yang termasuk dalam wilayah Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, maka pihak perkebunan berinisiatif memindahkan bangkai kedua gajah tersebut. Baru esok harinya diketahui bahwa gading kedua gajah itu hilang.

“Tim kami yang dipimpin langsung Kasat Reskrim Iptu Budhi Nasuha Waruwu juga telah meminta keterangan beberapa saksi guna penyelidikan lebih lanjut,” ujar AKBP Muhajir.

Sementara itu, Ketua Forum Keuchik Banda Alam, Tgk Idris A Manaf mengapresiasi respons cepat Polres Aceh Timur yang kemarin langsung menurunkan tim identifikasi ke lokasi ditemukannya dua bangkai gajah tersebut.

Tapi yang lebih penting, menurutnya, adalah mengusut tuntas siapa pelaku yang meracuni hingga tewas kedua gajah jantan dewasa itu. Usut juga siapa yang kemudian mencuri gadingnya.

Ketua KNPI Aceh Timur, Iskandar Usman SHI kemarin mengecam keras aksi pembunuhan gajah di kawasan Aceh Timur itu sebagaimana kerap terjadi selama ini. “Tindakan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena itu, polisi harus mengusut pelaku yang menyebabkan terbunuhnya satwa langka ini,” ujar Iskandar.

Anggota DPRA terpilih ini menyarankan harus ada koordinasi terpadu lintas sektoral untuk memberantas perburuan gajah di Aceh. “Bisa saja dibentuk Conservasi Respon Unit (CRU) atau penangkaran gajah di lokasi yang telah ditentukan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, dua ekor gajah jantan ditemukan mati dengan kondisi mengenaskan di kawasan PT Perkebunan Dwikencana Semesta di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, Minggu (7/9). Gajah-gajah itu dibunuh untuk diambil gadingnya.(Yusmadi Yusuf)