News Update » Aceh Barat » News Update

Dua Anak Alami Infeksi Paru

25 August 2014 - 15:13 WIB

SERAMBIFM.COM, MEULABOH – Aprilia (3,5 tahun) dan Zul Albazar (8), dua anak dari Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, kini harus menderita penyakit infeksi paru-paru, diduga akibat terhirup debu batu bara yang mencemari udara di sekitar tempat tinggalnya.

Orang tua kedua anak tersebut, Elpo, mengaku terpaksa harus berobat rutin ke dokter spesialis untuk mengobati penyakit diderita anaknya. Padahal, kekhawatiran warga terhadap ancaman polusi udara disebabkan oleh aktivitas pengangkutan batu bara milik PT Mifa Bersaudara dan PLTU Nagan Raya yang melintasi permukiman warga ini, sudah sering disampaikan ke pemerintah dan pihak perusahaan. Bahkan pada Sabtu (23/8), orang tua dari dua anak ini, menyampaikan langsung keluhan tersebut kepada sejumlah pejabat Pemkab Aceh Barat dan pejabat kedua perusahaan terkait.

“Kedua anak saya kini menderita infeksi paru-paru dan harus rutin berobat ke dokter spesialis dengan biaya sendiri. Padahal, kami pernah dijanjikan akan diperiksa kesehatan secara rutin. Tapi hal itu tidak pernah dilakukan,” kata Elpo, Sabtu (23/8), di depan sejumlah pejabat pemerintah dan perusahaan yang menghadiri pertemuan, membahas penanganan sejumlah masalah yang disebabkan adanya aktivitas pengangkutan batu bara di Kecamatan Suak Indrapuri, Meulaboh.(rizwan)