News Update » Aceh Singkil

Warga Pulau Banyak Gelar Kenduri Laut

17 January 2014 - 10:19 WIB

SERAMBIFM.COM, SINGKIL – Warga Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, melakukan kenduri laut. Kegiatan adat rutin tahunan itu, digelar di Pulau Tapus-tapus, dihadiri ribuan warga dari Desa Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung dalam Kemukiman Selapan.

Ketua Panitia Pelaksana Kenduri Laut, Antarudin, Jumat (17/1/2014) mengatakan, kegiatan tersebut, merupakan wujud syukur atas rejeki yang diberikan Allah SWT melalui hasil tangkapan ikan. “Kegiatan ini mendapat dukung dari muspika, masyarakat, donatur dan pramuka. Kenduri laut diisi ceramah rohani serta pemotongan kerbau yang kemudian dijadikan hidangan kenduri bersama dinikmati oleh masyarakat dan undangan,” kata Antarudin.

Camat Pulau Banyak Ridwan, berpesan nelayan agar dapat menjaga kelestarian ekosistem laut. Dengan tidak melakukan pengambilan ikan secara illegal yang dilarang peraturan perundang-undangan. “Jika alam rusak maka akan berpengaruh kepada manusia. Kita sendiri yang rugi dengan berkurangnya hasil tangkapan,” kata Camat.(dede rosadi)

SERAMBINEWS.COM | Independen dan Kredibel