Podcast » Talkshow

LIBAS (Lepas Inspirasi Bisnis Ala Suparno) “Redifine”

6 January 2014 - 23:10 WIB

HARI ini 6 Januari, kita baru sepekan memasuki tahun 2014, gairah awal tahun masih terlihat. Di pasar dan pada sejumlah perkantoran terlihat kembali bersemangat memulai aktivitas yang sempat lesu menjelang tutup buku.

Awal tahun, pada kalender penanggalan apa pun, orang banyak menaruh harapan untuk hidup lebih baik. Semua bermimpi demikian dan memperbaiki kekurangan di tahun sebelumnya, baik soal finansial, karir, dan harapan menjalani kehidupan bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Tahun anyar, adalah harapan dari setiap kegagalan yang pernah terjadi di tahun sebelumnya. Masa itu, memang berubah secara angka dan terus akan berputar seperti biasa hingga kiamat tiba. Tahun kemarin tidak akan kembali dan terus menjauh bersama waktu yang datang dengan bilangan angka yang baru.

Momentum introspeksi, tentu tepat dilakukan di awal tahun ini. Tidak ada salahnya, kita mendefinisikan kembali tentang hidup dan kehidupan kita. Jika masa ke belakang kita merasa belum atau tidak berada pada rel kehidupan yang dijalani, tepat kiranya kita mendefinisikan ulang (redifine) jalur hidup ini. Kita dapat redifine tentang siapa dan mau apa kita setahun ke depan? ini penting dilakukan karena manusia itu memiliki potensi melenceng dari definisi awal tentang manusia.

Di tahun ini, mari kita definisikan kembali hidup kita yang mungkin sudah dianggap benar dan berada pada jalur yang tepat. Tuntaskan semua persoalan yang belum tuntas dengan rujukan definisi yang baru yang kita buat untuk tahun-tahun berikutnya.

Begitu pun dengan bisnis, mari kita definisikan ulang usaha kita, agar kita temukan jalan yang benar dari apa yang sudah kita lakukan sebelumnya. Sebab, bisa jadi definisi bisnis yang sedang kita jalani saat ini tidak lagi membawa banyak keuntungan dan mencapai target yang ingin dicapai.

Jika definisi bisnis kita dijabarkan dengan bentuk alakadarnya, dan mengikuti alur air mengalir alias apa adanya, maka ubahlah dengan konsep dan definisi baru tentang sebuah impian berbisnis yang dapat membawa kita kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Jangan ragu untuk menyempurnakan definisi, bahkan jika harus menghapus dan menggantinya dengan definisi yang lebih smart dan terukur sesuai kondisi saat ini.

Mengapa itu harus dilakukan? ingat bahwa zaman itu terus berubah. Masa menggelinding memutarbalik pase-pase hidup manusia. Kadang di atas dan kesempurnaan dan perlahan turun ke bawah dalam kemelaratan. Nah, mendefinisikan ulang bisnis kita di awal tahun ini merupakan langkah awal melanggengkan visi masa depan yang ingin kita capai dalam putaran mesin waktu yang semakin kencang.

Perhatikan, bukankah kita pernah membeli sebuah buku lalu satu tahun kemudian terbit lagi edisi revisinya? itu juga biasa dilakuan sebagai bagian dari redefinisi isi buku untuk menjadi lebih baik bagi pembaca.

Tentu, meski bentuk fisik wajah kita tak dapat didefinisikan ulang. Tetapi, pemikiran dan cara pandang kita atas segala hal yang ingin dikerjakan masih cukup terbuka didefinisikan kembali oleh kita saat ini. Mari!

———————————————————-

Syedara lon, program “LIBAS” Radio Serambi FM bisa Anda dengarkan setiap Hari Senin pada pukul 11.00 Wib.

Program ini mengupas bagimana Metode Bisnis dan juga mengemas suatu Hal agar menjadi bisnis succses dengan berbagai motivasi terbaik dari “LIBAS” Bersama Bapak Suparno. anda juga kami undang berpartisipasi di line telpon :0651-637172 dan 0811689020