News Update » Lhokseumawe » News Update

2014, Tak Ada Beasiswa Santri di Aceh Utara

21 January 2014 - 22:13 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSEUMAWE – Dinas Syariat Islam Aceh Utara tahun ini tidak lagi mengajukan beasiswa untuk santri dalam APBK 2014. Alasannya, jumlah santri yang terakomodir untuk menerima beasiswa seperti tahun lalu sangat sedikit dan tak sebanding dengan jumlah santri yang berasal dari kbupaten itu.

“Di Aceh Utara, jumlah santri baik yang ada di dayah dalam wilayah Aceh Utara maupun daerah lain mencapai 40 ribu orang. Sementara yang diakomodir tahun lalu hanya seribu orang. Daripada terjadi kesenjangan antarsantri, makanya tahun ini kita putuskan tak lagi mengajukan beasiswa untuk santri dalam APBK. Jadi, kita harap semua pihak bisa mengerti kondisi ini,” jelas Kadis Syariat Islam Aceh Utara, Tgk Idris SE, Selasa (21/1).

Pada bagian lain, ia menjelaskan, pada tahun 2013, dari 1.000 santri, 20 orang di antaranya gagal menerima beasiswa karena kesalahan administrasi, yaitu nomor rekening bank yang diajukan pemohon berbeda dengan nama penerimanya. “Mereka mengajukan nomor rekening keluarganya atau orang lain, sehingga dana tidak bisa diberikan,” ungkapnya.(Bah)