Podcast » Talkshow

LIBAS (Lepas Inspirasi Bisnis Ala Suparno) “Tunai”

30 December 2013 - 19:08 WIB

TAHUN 2013 segera berakhir, banyak hal yang mesti menjadi catatan bagi kelangsungan kehidupan kita di tahun berikutnya. Jika di tahun lalu banyak persoalan yang belum terselesaikan, alangkah tepat jika kita membuka lembaran baru di 2014 tanpa meninggalkan sisa persoalan di tahun ini.

Selesaikan semua perkara yang menghambat kemajuan kita di masa mendatang. Jika terdapat satu dua masalah dalam bisnis kita, tunaikan terlebih dahulu untuk menyelesaikannya, dengan beragam cara yang dapat melepas beban tersebut.

Pada persoalan hutang dalam berbisnis pun demikian halnya. Tunaikan kewajiban untuk melunasinya dengan cara apa pun, termasuk mencicilnya demi menunaikan kewajiban melunasi hutang tersebut. Ini lebih terhormat ketimbang menunda tanpa kejelasan pembayaran kepada pihak yang telah meminjami kita uang.

Dalam bisnis, tunai adalah pilihan cara membayar. Tidak semua pebisnis membeli beragam keperluan penunjang bisnis dengan cara membayar tunai. Maka ada istilah kredit, dan para pebisnis menunaikan kewajiban pembeliaannya dengan cara menyicil hingga selesai. Ini juga termasuk dalam kategori menunaikan kewajiban sesuai waktu kredit yang telah disepakati bersama antara pihak bank, misalnya dengan kita.

Dalam menunaikan kewajibannya, para produsen barang elektronik bermerek, selalu menjaga amanahnya untuk tetap menunaikan kewajiban bagi konsumen. Misalnya dengan menyediakan layanan service, garansi dan suku cadang porduk yang dijual.

Begitu pun, saat menjalani kehidupan sehari-hari, kita pun sering dihadapi beragam macam persoalan dalam menapaki kesuksesan yang harus kita raih. Namun, terkadang kita terbiasa menunda perkara yang sesungguhnya berujung kepada penumpukan persoalan di masa mendatang. Hal ini sesegera mungkin dapat diubah, di awal tahun nanti kebiasan menunda wajib diganti dengan segera menunaikan kewajiban untuk jalan keluar dari setiap persoalan yang datang.

Pemerintah kita juga acap berjanji tetapi alpa menunaikan janjinya tersebut, maka jangan salah jika rakyat menagih dengan cara-cara rakyat. Kita bisa melihatnya saat ini, dalam keseharian hidup kita di mana banyak janji yang belum ditunaikan pemimpin kita untuk rakyatnya.

Tahun 2014 juga menjadi tahun janji, bagi mereka para politisi. Bagi para pebisnis, mari kita tunaikan janji kita untuk sukses di masa yang akan datang. Tunaikan niat kita untuk mengangkat tarap kehidupan menjadi lebih baik, sebab akan membawa kebaikan bagi orang- orang di sekitar kita.

Menutup tahun ini, pastikan semua yang kita janjikan telah tertunaikan agar tidak menjadi beban dalam menapakati agenda hidup berikutnya. Semoga!

———————————————————–

Syedara lon, program “LIBAS” Radio Serambi FM bisa Anda dengarkan setiap Hari Senin pada pukul 11.00 Wib.

Program ini mengupas bagimana Metode Bisnis dan juga mengemas suatu Hal agar menjadi bisnis succses dengan berbagai motivasi terbaik dari “LIBAS” Bersama Bapak Suparno. anda juga kami undang berpartisipasi di line telpon :0651-637172 dan 0811689020