Podcast » Cakrawala

Ini Waktu yang Tepat Majukan Sepakbola Aceh

6 December 2013 - 20:48 WIB

Pengprov Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Aceh mencari ketua umum baru periode 2014-2017 menyusul berakhirnya kepengurusan H Zainuddin Hamid. Direncanakan, Musyawarah Provinsi (Musprov) PSSI akan berlangsung 20 Desember 2013 di Banda Aceh.

Ketua Panitia Musprov PSSI Aceh, M Nasir Guru Mud mengaku telah meminta Pengcab PSSI dan klub mengajukan calon ketua umum PSSI Aceh periode empat tahun ke depan. Namun, hingga dua hari lalu belum ada berkas-berkas calon ketua yang diajukan klub atau Pengcab ke Banda Aceh.

Pada pemilihan nantinya ada 50 peserta yang berhak memilih. Jumlah itu terdiri 23 pengurus cabang PSSI Kabupaten/Kota dan 27 klub yang memiliki hak suara. Dari 50 suara tersebut akan dipilih satu pengurus yang akan menjadi ketua PSSI Aceh periode empat tahun ke depan. Selanjutnya, ketua terpilih akan memilih wakil dan anggota PSSI Aceh masa bakti periode 2013-2017 mendatang.

Berdasarkan pedoman, tahapan pengajuan calon ketua umum berdasarkan pedoman dasar PSSI Aceh tahun 2009 pasal 18, yaitu peserta Musda dan Musdalub yang memiliki hak suara dapat mengusulkan calon ketua PSSI Provinsi. Para anggota harus memberitahukan secara tertulis mengenai nama calon ketua PSSI Provinsi kepada sekretariat.

Masing-masing anggota hanya berhak mengusulkan satu calon untuk menjadi Ketua PSSI Provinsi. Selanjutnya, sekretariat akan memberitahukan kepada anggota mengenai nama-nama bakal calon yang diusulkan, setelah dilakukan seleksi administrasi. Syarat menjadi ketua umum antara lain, pernah atau sedang menjadi fungsionaris minimal satu periode masa bakti, dibuktikan dengan Surat Keputusan organisasi PSSI. Pemilihan ketua umum PSSI Aceh nantinya dapat dilakukan secara aklamasi, voting suara, ataupun formatur. Hal ini berdasarkan keputusan peserta Musprov.

Jabatan ketua PSSI Aceh sesungguhnya termasuk salah satu jabatan penting di Aceh, di samping jabatan-jabatan politis dan pemerintahan. Sebab, cabang sepakbola ini bukan lagi olahraga semata, tetapi menjadi hiburan yang paling dicari banyak orang, termasuk kaum wanita. Pencinta sepakbola rela bergadang semalam suntuk hanya untuk menikmati pertandingan-pertandingan sepakbola.

Memang, selama ini sepakbola yang digandrungi pencintanya adalah pertandingan sepakbola bermutu sekelas Liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, Italia, dan Perancis. Sedangkan liga domestik kurang disukai, selain tidak menyajikan tontonan bermutu, terkadang juga sering berubah menjadi kerusuhan.

Namun, dalam beberapa bulan belakangan, sepakbola tanah air mendadak mendapat hati dari pencintanya menyusul munculnya Timnas U-19 yang begitu mempesona. Dan, lebih membanggakan lagi, di dalam tin yang sedang menjadi idola pencinta sepakbola negeri ini, ada dua putra Aceh. Nah, kehadiran dua putra terbaik Aceh di Timnas U-19 itu rasanya harus dijadikan motivasi atau bahkan momentum bagi membangkitkan kembali prestasi sepakbola di daerah ini.

Membangkitkan prestasi sepakbola di Aceh motor utamanya adalah Pengprov PSSI Aceh. Maka, Musdprov PSSI Aceh kali ini harus melahirkan ketua dan pengurus yang mampu mendorong tumbuhnya iklim sepakbola yang baik di Aceh. Paling tidak, pembinaan klub secara baik, kompetisi resmi harus berputar secara teratur, dan turnamen-turnamen bermutu juga perlu sering digelar.

——————————————————————-

Syedara lon, Program “Cakrawala” Radio Serambi FM bisa Anda dengarkan setiap Hari, Mulai Senin – Jum’at pada pukul 10.00-11.00 Wib.

Program ini mengupas “Salam Serambi” dengan menghadirkan narasumber berkompeten secara langsung ataupun by phone.
dan syedara lon juga bisa berpartisipasi dalam Acara ini di nomor telp (0651)637172 dan 0811689020 / SMS 0819 878 666

Untuk Selengkapnya, silahkan dengarkan podcast di bawah :