News Update » Nusantara

Kini Pelanggan XL Bisa SMS-an Pakai Stiker LINE

12 November 2013 - 20:03 WIB

LINESERAMBIFM, Jakarta – Kemajuan teknologi telah mendorong lahirnya inovasi dalam berbagai layanan telekomunikasi seluler. Contohnya adalah berupa munculnya beraneka ragam saluran instant messenger, antara lain LINE yang mengenalkan “stiker” sebagai fitur pelengkap komunikasi yang disukai para penggunanya. Melihat fenomena tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) menghadirkan layanan ini dalam layanan SMS, agar dapat dinikmati seluruh pelanggan, termasuk mereka yang tidak menggunakan LINE atau pun smartphone. Layanan ini sudah bisa dinikmati oleh pelanggan sejak 1 November 2013.

Revie Sylviana, GM – Digital Entertainment XL mengatakan, stiker LINE di SMS ini merupakan inovasi XL, yang mengaplikasikan teknologi baru pada layanan SMS, yang sudah sangat dikenal pelanggan dan masyarakat luas. Dengan begitu, kini semua pelanggan XL, termasuk yang belum menggunakan smartphone, bisa merasakan asiknya menggunakan stiker pada SMS. XL menjadi operator pertama yang menghadirkan layanan yang sangat digemari kalangan anak muda ini.

Untuk mulai menggunakan stiker Line ini, pelanggan cukup mengaktifkan layanan Stiker SMS dengan cara mengetik “ON” kirim ke 2767 untuk Pay Per Use, atau akses *123*577# untuk memilih paket berlangganan. Setelah itu, pelanggan tinggal menambahkan “X” di setiap isi SMS yang akan dikirim, misal: “X Selamat beraktifitas dan tetap semangat”.

Pelanggan dapat menikmati layanan Stiker SMS dengan berlangganan layanan Stiker SMS, yang tersedia masing-masing dalam paket Rp 5.500/30 hari, Rp 3.300/15 hari, Rp 1.100/5 hari, Rp 550/2 hari, dan Rp 330/hari. Atau jika tanpa berlangganan, setiap pemakaian stiker akan dikenai tarif Rp 100/pakai. Biaya berlangganan tersebut di luar biaya normal SMS.

Selain karakter Line, tersedia juga karakter-karakter menarik lainnya yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk mengekspresikan SMS mereka. Untuk memilih, pelanggan cukup akses dengan mudah ke *123*577#, dan pilih menu “Pilih Stiker”

Stiker SMS merupakan layanan inovatif berbasis SMS yang bisa memunculkan karakter-karakter lucu (yang dikenal dengan istilah stiker) menyesuaikan dengan isi pesan yang dikirimkan. Sekitar 7 juta pelanggan XL saat ini telah menggunakan layanan ini. Sementara itu,  jumlah pengguna data XL telah mencapai lebih dari 33 juta pelanggan atau sekitar 58% dari total keseluruhan jumlah pelanggan XL.

LINE merupakan salah satu layanan social chatting yang kini sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Berkat karakter-karakter stiker menarik yang terdapat di dalamnya, kini pelanggan pengguna LINE telah mencapai sekitar 280 juta di seluruh dunia. (rel/*)