News Update » Nusantara

BBM Bakal Naik Lagi?

18 November 2013 - 19:20 WIB

SERAMBIFM –¬†Pemerintah mempunyai rencana untuk menaikkan harga BBM bersubsidi tahun 2014. Potensi tersebut akan dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan APBN yang tersedia tahun depan.

“Kemungkinan sangat kecil ada penyesuaian harga BBM lagi,” ujar Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Senin (18/11/2013).

Hal yang membuat pemerintah akan menaikkan harga BBM karena kurs dollar AS terhadap rupiah. Bambang menjelaskan harga minyak yang diimpor mengambil dollar AS, jika rupiah melemah maka APBN untuk memberikan subsidi BBM semakin besar.

“Subsidi BBM tahun 2013 Rp200 triliun, karena kurs bisa dikendalikan tapi kalau kurs diatas asumsi, bisa lewat Rp 200 triliun,” ungkap Bambang.

Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal itu menjelaskan dalam merancang anggaran tahun depan, rencananya pemerintah akan memisahkan belanja negara dengan subsidi untuk BBM. Hal tersebut untuk bisa merinci perhitungan berapa subsidi yang bisa diberikan.

“Kita pisahkan kebijakan harga dengan subsidi BBM.¬† Pada level sensitif harga minyak dan kurs mata uang, kami khawatir,” jelas Bambang. (tribunnews)