News Update » News Update » Nusantara

Aceh Digoyang Gempa

6 September 2011 - 02:03 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Warga Aceh yang sedang terlelap, dikejutkan oleh Gempa yang terjadi sekitar pukul 00.55 Wib, Selasa (6/9) dinihari.

BMKG melansir gempa berkekuatan 6,9 skala richter tersebut berpusat di 59 Km Timur Laut Singkil Baru atau di koordinat 2.81, 97.85 dengan kedalaman 78km.

Meski berpusat di kawasan Singkil, getaran dirasakan oleh warga Aceh di berbagai kabupaten di pantai barat dan pantai timur Aceh.

Dari Langsa, reporter Serambi FM melaporkan, gempa berdurasi sekitar satu menit itu membuat panik sebagian besar warga Kota Langsa. Goyangan gempa terasa besar pada berapa detik awal, dan selanjutnya menurun dan kembali berayun keras diakhir gempa.

Warga yang terbangun saat merasakan gempa, sempat keluar dari rumahnya mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Namun puluhan menit kemudian, setelah memastikan tidak adanya gempa susulan. Warga kembali beristrirahat ke dalam rumahnya masing-masing.

Sementara dari Lhokseumawe, dilaporkan, gempa tidak membuat masyarakat panik. Warga tetap tenang dan tidak sampai berhamburan ke luar rumah.

Selain di Aceh, gempa juga terasa di Medan. Seorang warga Medan, Binsar Bakkara, kepada Serambi FM mengatakan, dirinya sempat kaget, apalagi dirinya memiliki bayi berusia 7 bulan. “Kebetulan saya di lantai 2, jadi goncangannya sangat keras. Langsung saya membawa keluar Sakti Rea Bakkara (bayinya, red). Takut terjadi hal-hal yang tak diinginkan”, kata Binsar.

Ia menambahkan, suara dinding bangunan berderak-derak. “Gerakan gempa terasa horizontal, bukan vertikal. Tapi Alhamdulillah, tidak terjadi apa-apa. Cuma terasa pusing, terutama diakhir gempa “, katanya.

Reporter: Saiful Bahri, Zubir
Penyunting: Hari Teguh Patria